Selasa, 10 April 2012

makna angka 7

Angka 7ing
Hmmmmm.....Banyak yang bilang sih tiap angka itu pasti punya makna seperti layaknya segala bentuk yang ada di  muka bumi ini pasti juga punya makna. Saya menuliskan pemaknaan angka 7 itu bukan karena apa- apa tapi lebih karena ketertarikan aja dan secara kebetulan memang seringkali berhubungan dengan angka tersebut.
Makna angka 7 antara lain yakni:
  1. Dalam feng shui, angaka 7 diberi makna sebagai bintang kekerasan, keberuntungan di masa silam, kekasaran atau perampokan. Bisa juga diartikan sebagai tepat, hoki, pasti, ketuhanan, keesaaan
  2. Zaman dahulu di China, angka 7 dihubungkan dengan kehidupan seorang gadis, dima seorang gadis memiliki gigi susu pada usia 7 bulan, dalam usia 7 tahun, dan dalam 2 x 7 tahun "roda yin" membuka dan ia mencapai usia pubertas, dan dalam 7 x 7 = 49 adalah masa datangnya menopause bagi seorang wanita
  3. Pada zaman dahulu yakni Suku Maya yang ada di Amerika percaya bahwa angka 7 itu mempunyai makna yakni terdapatnya 7 lapis langit dan menganggap angka 7 itu sebagai angka penjuru mata angin
  4. DI India, menurut cerita angka 7 adalah angka yang terpenting dalam kitab suci Weda selain angka 3. Angka 7 berkaitan dengan Dewa Agni, dewa Api yang memiliki 7 istri, ibu, adik dan 7 api, bdan alok atau lidah dan lagu- lagu yang diperuntukkan baginya berjumlah 7 buah. Dalam kepercayaan mereka, Dewa Matahari memiliki 7 kuda penarik keretanya di langit
  5. Dalam agama Budha, Sidharta Gautama atau Sang Budha yang baru lahir dipercaya oleh pengikutnya langsung menapak 7 langkah. Ia mencari keselamatan selama 7 tahun dan mengintari pohon bodhi selama 7 kali sebelum duduk dibawahnya untuk bermeditasi. Menurut cerita, 7 karya keagaamaan akan membawa manfaat bagi orang- orang yang mempercayai kehidupan ini dan Syurga Budha memiliki 7 teras
  6. Pada abad ke 14, sejarahwan Al Maqrizi, mengatakan bahwa orang- orang kristen di Mesir (kristen koptik) merayakan 7 pesta besar dan 7 pesta kecil di gereja mereka. Pesta itu adalah pesta untuk 7 kesedihan dan 7 kesenangan Maria yang selaras dengan irama Heptadik. Oleh karena itu dalam musik renaissance terdapat sejumlah lagu dengan 7 suara yang biasa dipersembahkan kepada Perawan Maria atau yang biasanya berkaitan dengan 7 pahala Roh Kudus
  7. Dalam bidang sains, angak 7 adalah dasar dari akumulasi angka yang tak terhitung jumlahnya mulai dari 7 atom, 7 partikel terkecil dan seterusnya
  8. Dalam Islam, surat pertama dalam Al Quran yakni Al Fatihah memiliki 7 ayat. Kalimat Syahadat sendiri memiliki 7 kata. Menurut Al Quran, Allah SWT mencitakan langit dan bumi berjumlah 7 lapis. Thawaf mengelilingi Ka'bah di Mekkah dilakukan sebanyak 7 kali dan lari- lari kecil (Sa'i) diantara Bukit Shafa dan Bukit Marwah dilakukan sebanyak 7 kali juga. Dalam akhir ibadah Haji di dekat Mina, setan dilempar 3 kali dengan masing- masing 7 buah kerikil kecil (Jumrah). Dalam Al Quran terdapat 7 surat yang diawali dengan kalimat Tasbih yaitu Al-Isra, Al-A'la. At-Taghabun, Al-Jumrah, Ash-Shaff, Al-Hasyr, Al- Hadid. Saat berwudhu, terdapat 7 bagian tubuh yang dibasuh yakni mulut, hidung wajah, tangan, kepala, telinga, kaki. Dalm shalat pun juga mengguanakan 7 anggota tubuh yang ada. Al Qur'an pun diturunkan dengan 7 huruf (HR. Bukhari Muslim)
  9. Di dalam numerologi, angka 7 berkaitan dengan sifat Jupiter yakni yang selalu ingin tahu dan suka berpetualang. Jika dikaitkan antara watak serta numerologi maka makna angka 7 yakni perlambang neptunus yang berkaitan dengan air. Gemar melakukan perjalanan dan suka akan lautan. Angka ini dianggap punya makna nujum dan yang terlahir dibawah angka ini seringkali punya pandangan filsafat atau spiritual yang kuat, intuisi mereka tinggi bahkan memiliki indera keenam, biasanya punya pengaruh misterius terhadap orang lain dan cenderung introvert, pemikir dan selalu dapat keberuntungan dari angka mereka
  10. Dalam perhitungan angka kepribadian seseorang yang hampir sama dengan zodiak, angka 7 bermakna luar biasa ras simpatinya, namun terkadang hal itu tidak dilakukan dengan setulus hati. Tipikal orang yang perfeksionis dan segal sesuatunya harus berjalan dengan seharusnya . Bisa dikatakn hal itu merupakan motto hidupnya
  11. Di dalam budaya jawa, angka 7 juga punya banyak makna berkaitan dengan moment yang diadakannya. contonya orang hamil dikala usia kandungannya 7 bulan maka diadakan acara selamatan yang biasa disebut "Tingkepan". Lalu pada saat usia bayi sudah menginjak 7 bulan makan diadakan tradisi "turun tanah". Dalam upacara adat jawa, biasanya ada syarat- sayarat tertentu misalnya mandi kembang 7 rupa, airnya dari air sumur dengan 7 macama sumber yang berbeda, atau pesta yang diadakan selama 7 hari 7 malam, dan lain- lain
  12. Angka 7 juga disukai oleh kaum Sufi karena mempunyai makna antara lain berkaitan dengan tasawuf, dimana didalamnya memperbincangkan 7 Laathaif atau 7 titik- titik subtil pada tubuh tempat kaum Sufi memusatkan kekuatan spiritualnya
  13. Dalam perjudian, angka 7 berkaitan dengan penggunaaan angka 7 sebagai angka jackpot
  14. Dalam 1 minggu terdapat 7 hari
  15. Terdapat 7 macam jenis warna dalam setiap kemunculan pelangi di langit
  16. Lahir tanggal tujuh menunjukkan seorang ahli dengan daya pikir tajam untuk analisa mental yang dalam. Anda seharusnya jangan berjudi atau berspekulasi; sebaliknya, Anda harus memeriksa dengan teliti semua bisnis sebelum Anda terjun di dalamnya. Berintuisi tinggi bila tidak psikis (cenayang), Anda sebaiknya jangan pernah menuruti nasihat yang menentang insting Anda. Anda harus MENUNGGU untuk apa yang Anda inginkan daripada mencarinya dengan agresif. Apa yang Anda inginkan akan datang sendiri hanya bila Anda tidak aktif mencarinya. Anda berbakat memainkan alat musik bersenar (termasuk piano) dan organ. Anda juga berpenilaian bagus dalam bidang keuangan. Pendapat Anda tegas, dan Anda tidak suka mengubahnya. Anda mengalami kesulitan beradaptasi secara fisik dan Anda cenderung menyendiri, di mana keduanya membuat pernikahan Anda menjadi sulit. Luangkan waktu setiap harinya untuk bersantai dan meditasi
  17. Berdasarkan Al Quran, angka 7 memiliki makna yakni Anugerah untuk manusia yang berupa Al Qur'an dan Islam
  18. Dalam elemen kehidupan, angka 7 dikaitakan dengan salah satu elemen kehidupan yakni logam
  19. Terdapat 7 pintu neraka dimana di setisp pintu dibedakan jenisnya dan golongan orang yang memasukinya (QS. Al Hijr: 44)
  20. Huruf vokal dalam suatu nama menunjukkan nilai dari dorongan jiwa dan nilai dari golongan jiwa yang ke 7 yakni suka mempelajari hal- hal ilmiah dan gaib. Banyak di antara orang dengan angka 7 adalah orang-orang jenius, datar, dan sederhana. Pandai menyembunyikan perasaan dan enggan membuka diri terhadap orang lain membuat Anda terkesan dingin, tertutup, dan angkuh bagi orang lain.
Demikianlah makna angka 7 yang saya rangkum dan cari dari beberapa situs yang lainnya. Semoga hal ini membawa manfaat bagi yang lain.


Sumber:
  • http://www.indospiritual.com/artikel_makna-angka-menurut-feng-shui.html
  • http://memobee.com/index.php
  • http://alhakikim.blogspot.com/2011/06/arti-makna-angka-tujuh-7.html
  • http://hartomi.mywapblog.com/a.xhtml
  • http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2010/01/20/monumen-sepeda-di-cimahi/
  • http://nolimitz.web.id/2012/01/makna-dari-suatu-angka-berdasarkan-ilmu-feng-shui/
  • http://www.kaskus.us/showthread.php
  • http://cakdul.blogdetik.com
  • http://www.primbon.com/watak/htm
  • http://www.primbon.com/tanggal.htm
  • http://id.shooving.com/social-sciences/psychology/2154492-makna-angka-dorongan-jiwa-pada/
  • http://sejarah.kompasiana.com/2010/12/11/misteri-al-quran
  • http://www.tangselraya.com/feng-shui/36-feng-shui/2268-makna-angka-dari-sudut-pandang-feng-shui.html

15 komentar:

Mario mengatakan...

Posting yg menarik....
Aku dari dulu suka angka 7..
Bisa gak menilai aku?
Lahir 4:4:1979
Hari kamis..
Lajang..

The Last Word Is....... mengatakan...

Terima kasih....tapi maksudnya menilai tu gimana ya?? Koq pake disebutkan tanggal lahirnya segala?? maaf sebelumnya....saya ini cuma menulis apa yang ada dipikiran saya saja dan saya bukan cenayang atau tukang ramal hehehehhehe...... :-D

Mario mengatakan...

Pada posting nomor urut 9 di atas saya tertarik.
banyak teman di sekitar aku.anggapan ''misterius'',sering aku denger dari mereka terhadap aku.
Dan aku tahu sulit di jelaskan..
Gambarannya begini...
Anda mengenal mereka,tapi mereka sulit mengenali anda.walopun akrab.
contoh lain.
Anda di tempat gelap dan berbahaya bersama teman2..
Mereka pasti tidak tenang..
Tapi anda malah tenang2 saja.
Mereka pasti bingung melihat sikap anda...tapi anda merasa biasa aja...'
Itu contoh kecil...
ada lagi...orang sering bertanya pada aku.
Kapan aku marah...?..

The Last Word Is....... mengatakan...

kalau melihat dari contoh yang anda berikan dan orang lain melihat hal itu sebagai kemesteriusan, mungkin kalau menurut saya itu lebih sebuah keunikan karena setiap pribadi pada dasarnya terlahir dengan perbedaan yang dibawanya sekalipun mungkin orang terlahir kembar. Tapi untuk anda, saya menilai "UNIK". Dari contoh yang anda beri terlihat bgt ya kalau anda itu tipikal idealis dan itu sangat tergambar di profil FB anda. Mohon maaf kalau saya lancang sebelumnya. Keras, tegas, susah diubah, dan sspertinya anda pengendalian diri anda cukup baik. Perkara benar atau salah itu semua kembali ke anda pribadi, saya hanya menilai saja. Tapi kalau memang menurut teman anda, anda adalah orang yang misterius....mungkin itu sebuah kebetulan atau bisa jadi mungkin anda memiliki intuisi yang lebih tajam dari yang lainnya, bahkan mungkin indra keenam.

mario mengatakan...

Yg bilang misterius tidak satu atau dua,tapi banyak termasuk teman fbook.
Mbak gak usah minta maaf,mbak gak salah kok..mbak bukanlah ancaman..,
Mbak anggap aku tegas dan susah di ubah..iya itu benar.tapi aku punya kelembutan..,kelemahan,rasa iba..maksud aku..aku bisa jadi sifat apa saja..bisa Kasihan bisa kejam,artinya...
Aku sulit marah..sulit benci..
Misalnya..:aku mencaci maki anda..padahal aku gak marah..atau benci..sama anda..jadi ibarat aku bermain dg seekor kupu kupu..
Bahkan rasa takut pada sesuatu jarang,saya hanya takut kalou berlawanan dg hati...dalam kehidupan sehari aku di anggap penyendiri,''
Padahal aku tidak merasa kesepian...
Aku merasa aku tidak sendiri,...

mario mengatakan...

Soal instuisi atau indera 6...''entahlah..
tapi aku punya pengetahuan dan bila aku ceritakan malah pengetahuan tsb menjadi salah tapi kalou orang bertanya aku bingung.
Jadi pengetahuan aku simpan di hati.
Contoh: anda akan pergi ke toko,
Aku tahu apa yg akan anda beli.aku tahu apa yg akan terjadi pada anda.
Tapi aku berani bercerita pada anda atau siapapun,kalou aku ceritakan akhirnya tidak terjadi.
Contoh lain:saat acara sepak bola di tv.aku tahu club mana yg akan menang,tapi saat orang bertanya pada aku club mana yg menang..?..tiba2 aku bodoh bingung.
Jadi pengetahuan aku hanya untuk aku sendiri.jadi misalnya ada taruhan bola atau judi aku selalu menang...tapi aku gak pernah mengambil hasilnya kerena aku gak suka judi, aku kembalikan pada mereka..

Mario mengatakan...

Soal pengedalian diri..iya aku mampu saya bisa tertawa walou sakit,atau sedih..jadi sifat marah sedih atapun sifat lainya.bisa hilang seketika kapan aku menghendaki.di sisi lain aku manusia biasa,tapi di sisi lain aku merasa punya dunia sendiri dalam diri,mungkin dunia inilah yg membuat orang bingung ,dan aku tahu mereka bingung,aku tahu mereka tidak mungkin mengenalku,dalam dunia diri aku seperti menemukan..sumber kehidupan.,pengetahuan,kebenaran mutlak,takdir,kekuatan,dan sumber lain luas tiada batas.aku bingung apakah aku bertemu tuhan..?

Mario mengatakan...

orang lain menilai aku dari berbagai sisi,
Ada yg mengaggap aku baik,sabar,pemaaf,dan sifat positif lainnya.,,
Ya seperti itulah saya dalam bergaul aku akan bersikap baik... Bahkan terhadap binatang aku berusaha tidak menyakiti
Beberapa orang pernah mengatakan secara.langsung...bahwa dalam diri aku ada sifat sangat mengerikan...

Mario mengatakan...

Aku hidup berpegang teguh pada kejujuran.
Aku mudah percaya sama siapapun,
Aku mudah di tipu,di dustai,di bohongi.
Padahal sebenarnya aku tahu ,tapi entah kenapa aku membiarkan diri aku tertipu...dan mereka ketakutan setelah itu...dan marah atau dendam..

mario mengatakan...

Maksud aku,aku tidak pernah dendam atau marah walaupun mereka menipu aku...dan mereka tampak ketakutan,akhirnya mereka berubah jadi baik.

The Last Word Is....... mengatakan...

waSelama itu tidak merduh.......ada yg curhat colongan rupanya disini. hehehehehe.....Saya rasa kata misterius itu kurang tepat, yang tepat adalah UNIK. seperti yang saya ucap sebelumnya. Kalo dipikir2, memang terasa sulit, tapi di bawa santai ajalah. Semua itu bagian dari kehidupan dengan berbagai macam dan sisinya. Tinggal sekarang bagaimana kita sebagai seorang individu itu menyikapinya dan bertindak tanpa maksud untuk merugikan atau menyengsarakan pihak lain.

Mario mengatakan...

Terima kasih mau membaca tulisanku..
Aku mungkin gak akan ..ke sini lagi...
mungkin gak ada selesainya..kalou di jelaskan semua...
Satu lagi ke unikan aku..
Aku dalam dunia nyata mungkin di anggap tertutup.
Tapi aku lebih terbuka di dunia maya dan apa adanya terhadap anda..
Padahal aku tidak kenal anda.
Terma kasih...selamat tinggal..ya??
Orang yg tidak akan penah aku kenal..


The Last Word Is....... mengatakan...

Saya hanya manusia biasa yang hanya bisa mendengar dan menghargai keberagaman setiap orang. Setiap orang terlahir dengan pernedaan jadi sudah sepatutnya dihargai. Unik, misterius, aneh, menyebalkan, membosankan atau apapun itu adalah bagian dari setiap individu. Saran saya hanyalah " Nikmatilah yang telah ada, jika anda anda merasa ada yang perlu di ubah demi kebaikan silahkan diubah asal untuk kebaikan. Sisi manusia memang seperti itu, ada negatif dan positifnya. Semuanya tergantung bagaimana kitanya saja dalam bersikap terhadap diri dan diluar diri sendiri ". Terima kasih juga telah sempat sedikit mengobrol dan sedikit bertukar pengetahuan. Semoga memberikan sedikit manfaat, masukan dan pengetahuan bagi saya, anda dan orang lain yang membacanya.

Ryzky Widi Atmaja mengatakan...

Saya juga baru akhir2 ini mengetahui misteri angka 7, karena saya sendiri erat kaitannya dengan angka itu. Dari nama saya jelas terlihat penuh angka 7 dan hidup saya juga tidak lepas dari angka 7. Saya Islam, jadi menurut agama saya, juga begitu, angka 7 adalah angka istimewa setelah angka 1 tentunya.

Silahkan dianalisa nama saya ... Hanya saya bingung, apakah jodoh saya juga ada kaitannya dengan angka 7 ..? 7 Icons mungkin ...? Haha ... :mikir: :bingung:

The Last Word Is....... mengatakan...

Analisa nama?? maaf ya mas sebelumnya, ni apa mksdnya dgn analisa nama? saya kn bukan peramal, cenayang, indigo ato apapun itu namanya mas. Saya hanya menulis uneg2 saya saja, tidak lebih. Jika bermanfaat ya syukur, jika tidak ya gak papa. Tapi kalau memang anda berharap 7 Icons ada jodoh anda, saya bersyukur dan ikut bahagia jika hal tersebut terkabulkan. Amin.... :-D